Tips Dan Trik Agar Anak Mau Makan Buah Dan Sayur

Tips Dan Trik Agar Anak Mau Makan Buah Dan Sayur

Nutrisi yang baik sangat dibutuhkan, karena pada usia ini pertumbuhan otak masih berlangsung dan biasanya anak lebih rentan terhadap penyakit infeksi dan kekurangan gizi. Atau Anda bisa menghias makanan buah hati agar tampak lebih menarik. Cara ini bisa menjadi solusi agar anak tetap makan banyak meski porsi makan mereka sedikit. Saat makan bersama keluarga, terkadang tiap anggota keluarga mempunyai seleranya masing-masing.

Cara agar anak mau makan

Pancing rasa penasaran anak dengan membuatnya tertarik pada jenis sayur mayur baru. Saat anak terlibat dalam proses menyiapkan atau memasak makanan, maka anak akan merasa memiliki perasaan tanggung jawab. Dia merasa terlibat sehingga akan mengikuti prosesnya dari awal hingga akhir. Ketika sudah dilibatkan dalam proses memasak, anak pun akan merasa tak sabara untuk memakannya sendiri. Bisa dimulai dengan cara sederhana, seperti memotong sayuran untuk dimasak atau sekadar menambahkan saus ke sayuran yang baru selesai direbus atau dimasak. Ketika si kecil terlihat bosan dengan nasi, yang berwarna putih dan berbentuk kecil dan juga rasa yang hambar tak heran hal itu membuat anak Anda tidak mau makan nasi.

Siapapun pasti akan bosan jika harus makan menu yang sama tiap hari. Kreasikan menu unik dengan penyajian menarik yang bisa merangsang anak untuk makan. Pastikan menu yang Anda buat mengandung makanan yang ia suka, sehingga anak lebih senang memakannya. Saat memulai makan dan si Kecil mengalami kesulitan, mungkin ia menjadi lama menghabiskan makanannya.

Hal ini juga sebenarnya juga bisa mengajarkan bayi untuk mengerti rasa lapar dan kenyang. Pada usia satu tahun, anak memiliki kemampuan baru untuk menentukan kendali atas berbagai hal. Termasuk ketika anak 1 tahun susah makan, mereka sedang mempraktikkan kemampuan untuk mengambil keputusan secara mandiri. Mustahil rasanya memprediksi atau berharap anak untuk makan tanpa melewati susah makan. Bahkan, anak 1 tahun susah makan adalah salah satu fase yang hampir pasti dialami setiap orangtua. Namun tak perlu terlalu khawatir, itu adalah perilaku khas anak-anak.

Moms bisa memasaknya langsung, atau menambahkan jenis sayuran serta protein lain yang disukai Si Kecil agar makannya lebih lahap. Bicara soal frekuensi pemberian MPASI, bayi usia 6-9 bulan perlu diberi 2-3 kali MPASI per hari, dengan diselingi 1 kali camilan. Untuk bayi 9-12 bulan, MPASI diberikan 3-4 kali, diselingi 2 camilan. Selanjutnya bayi 12 bulan ke atas, makanan utamanya diberikan 3-4 kali, diselingi 1 camilan. “Ini agar anak tidak trauma makan sehingga anak yang sulit makan tidak terus terusan susah makan karena takut makan,” katanya. Mama bisa memberi si kecil buah yang dapat meningkatkan nafsu makan.

Cemilan berguna untuk menjaga ia agar tetap berenergi menunggu waktu makan besarnya. • Jadwal makan disesuaikan dengan waktu lapar dan pengosongan lambungnya. Perhatikan juga jarak waktu pemberian makan, supaya anak tidak diberi makan ketika masih kenyang.

Kebiasaan anak sangat dipengaruhi oleh kebiasaan orang tua maka tunjukalnlah kebiasaan yang baik saat makan agar anak anda juga melakukan hal yang sama. sembelit adalah kondisi dimana sistem pencernaan mengalami kelainan sehingga tinja mengalami pengerasan. Orang yang mengalami sembelit biasanya akan mengalami rasa sakit pada perut, sembelit juga membuat seseorang tidak mau makan. Untuk mengatasi sembelit anda bisa memijat perut anak anda atau menyarankan untuk meminun air yang banyak. Anda bisa mulai dengan mengajak anak terlibat dalam proses pengolahan sayur dan buah-buahan.

Bagi ibu yang pandai memasak dan membuat kue bisa dimanfaatkan keahliannya untuk membuat aneka makanan yang membangkitkan selera makan anak. Namun bila terus dilakukan secara rutin akhirnya bisa membentuk kebiasaan anak. Dia akan menganggap kalau makan harus di luar rumah sambil digendong. Agak besar, dia menganggap waktu makan itu ya sambil bermain. Anak menjadi tidak paham kalau makan itu ya ada waktu khusus untuk makan, duduk, makanan habis baru boleh bermain.

Cemas rasanya kalau anak selalu menolak mengonsumsi makanan sehat. Sebagai orang tua, tentu Moms ingin si kecil mendapat asupan nutrisi terbaik. Sayangnya, sebagian besar anak cenderung menghindari sayuran.

Comments are closed.