Memanfaatkan Peluang E

Memanfaatkan Peluang E

Tetapi semua ini harus tetap dilaksanakan agar proses pembelajaran dapat berjalan lancar dan siswa aktif mengikuti walaupun dalam kondisi pandemi Covid-19. Hal tersebut membuat beberapa negara menetapkan kebijakan untuk memberlakukan lockdown dalam rangka mencegah penyebaran virus corona. Di Indonesia sendiri, diberlakukan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar untuk menekan penyebaran virus ini.Karena Indonesia sedang melakukan PSBB, maka semua kegiatan yang dilakukan di luar rumah harus dihentikan sampai pandemi ini mereda.

Ditandai dengan kehadiran robot, artificial intelligence, machine learning, biotechnology, blockchain, web of things ,serta driverless automobile. Bidang pendidikan sangat berkaitan dengan Revolusi Industri four.zero yang dapat dimanfaatkan untuk mendukung pola belajar dan pola berpikir serta mengembangkan inovasi kreatif dan inovatif dari peserta didik, guna mencetak generasi penerus bangsa yang unggul dan mampu bersaing. Perppu ini memuat berbagai kebijakan keuangan negara, termasuk bidang perpajakan, dan sektor keuangan demi mencegah keadaan krisis akibat wabah virus Korona.

Memanfaatkan keadaan Covid

Kepala Desa Panggungharjo Wahyudi Anggoro Hadi menyampaikan bahwa warganya telah menyiapkan sejak dini untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19. Penyiapan warganya dilakukan di tingkat dukuh dengan cara mengembangkan nilai sosial baru. Khususnya dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang nantinya akan menentukan tingkat keberhasilan negara dalam memanfaatkan peluang bonus demografi ini. Jika tidak memiliki sumber daya manusia yang berkualitas, maka sudah dapat dipastikan saat memasuki bonus demografi jumlah pengangguran akan semakin meningkat dan tidak dapat terkendali. Merespon peluang tersebut, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyatakan bahwa daerahnya akan fokus mengembangkan ekonomi kreatif di pedesaan.

Begitu juga bisnis ritel yang menurut Tri dapat membuka layanan pesan supply untuk dioptimalkan. Bahkan, ada perusahaan kosmetik yang meluncurkan produk hand sanitizer dan langsung dipasarkan secara nasional melalui jaringan ritel modern dan market. Sangat disayangkan, jika mahasiswa yang merupakan agen perubahan dan pengontrol kehidupan sosial menutup mata dengan dampak yang ditimbulkan oleh pendemi ini. Ada banyak hal di kehidupan masyarakat yang dapat dibantu oleh peranan mahasiswa.

Profesi tenaga dosen yang tersebar merata di seluruh tanah air, mempunyai nilai yang sangat strategis dalam pembentukan watak dan karakter bangsa melalui sosialisasi nilai-nilai Pancasila. Mahasiswa sebagai bagian tidak terpisahkan dari perguruan tinggi, merupakan tulang punggung negara sebagai Agent of Change dan Agent of Development suatu bangsa. Peran strategis kalangan muda terpelajar ini, telah dibuktikan sejak era kebangkitan nasional tahun 1908 hingga period reformasi tahun 1998. Di tengah tantangan perubahan yang membawa tata laku dan tata nilai baru, kalangan muda terpelajar harus mampu membekali dan membentengi diri dengan wawasan kebangsaan yang kuat. Tanpa dibekali hal tersebut, generasi muda akan mudah terhanyut dan terbawa derasnya arus perubahan yang sarat dengan semangat kebebasan dan keterbukaan.

Ya, seperti yang dapat dilihat fenomena saat ini, segala sesuatunya seseorang lebih memilih dengan cara online. Bahkan berbagai macam opsi pembayaran online memudahkan proses transaksi karena tidak perlu menggunakan cash ataupun lewat perantaraan Bank . Kendati begitu, dalam keadaan saat ini juga memunculkan peluang dan harapan, yakni seperti yang dikatakan oleh Honorary Founder of IMA Hermawan Kartajaya, tidak semua sektor bisnis pun anjlok. Melonjaknya pengguna aktif Zoom Meeting di seluruh dunia, mengakibatkan berbagai pihak memberikan sorotan dan perhatian lebih ke Zoom. Bertumbuhnya pengguna aplikasi ini yang fantastis juga menantang para hacker untuk mencari kelemahannya, utamanya dalam hal privacy dan safety.

Sesuai dengan kapasitas, kapabilitas dan kompetensinya, peranserta dan partisipasi aktif perguruan tinggi semakin dibutuhkan untuk melipatgandakan kekuatan dan kemampuan pertahanan negara dalam menghadapi potensi ancaman Asymmetric Warfare maupun Proxy War. Apabila dalam kondisi darurat COVID-19 ini terjadi gempa bumi yang berpotensi tsunami, BPBD dan pemerintah daerah perlu menerapkan langkah khusus terkait penyiapan evakuasi masyarakat. Tidak hanya terkait ras, menghormati privasi pasien dalam pemberitaan nampaknya jadi cara yang dapat ditempuh guna meredam diskriminasi.

Sebelum diberlakukannya pembatasan sosial berskala besar di beberapa wilayah, Presiden RI juga sudah menyerukan bekerja dari rumah dan belajar dari rumah. Oleh karena itu, pendiri PT Saratoga Investama Sedaya mengubah mindset dan mengambil hikmah di balik wabah corona serta memanfaatkan sebagai peluang untuk menciptakan lapangan kerja. “Untuk anak muda khusunya yang mencari lapangan kerja, ambil hikmah dari pandemi ini. Temukan potensi diri kita, mungkin selama ini tersimpan tapi kita abaikan,” kata dia menambahkan.

Berdasarkan hasil penelitian itu bahwa siswa Indonesia menduduki peringkat tertinggi secara global selaku pengguna ruang IT atau komputer di sekolah baik melakukan pembelajaran dengan Guru maupun dengan sesama mareka. Penyajian hasil survei sosial demografi dampak COVID-19 ini menyajikan data dan informasi perubahan perilaku dan keadaan sosial ekonomi responden survei. Penyajian statistik tambahan ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada para pemangku kepentingan, guna menyusun perencanaan serta langkah-langkah cepat dan strategis dalam menghadapi pandemi ini, baik itu untuk pencegahan , penanggulangan, serta untuk pemulihan .

Comments are closed.