Buah Hati

Buah Hati

Rasanya yang khas dengan tekstur tremendous lembut membuat si Kecil mudah menerimanya. Kandungan asam lemak pada alpukat bermanfaat untuk perkembangan otak dan kognitif si Kecil. Fase MPASI menjadi waktu yang dinantikan Mama karena sudah tak sabar memberikan asupan nutrisi pendamping ASI untuk si Kecil. Sebelum memulai MPASI pertama si Kecil orang tua perlu mengetahui menu dan nutrisi yang tepat untuknya. Nutrisi pada kedua buah ini penting untuk perkembangan dan pertumbuhan tulang serta otak anak.

Pada enam bulan pertama kehidupan anak anda, ASI saja cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bagi si buah hati. Setelah berusia di atas 6 bulan, anak membutuhkan makanan pendamping karena ASI sudah tidak mencukupi kebutuhan energi dan nutrisi bagi anak. Makanan pendamping ASI ini diberikan pada periode penyapihan yaitu mulai usia 6 bulan hingga 2 tahun. Coba resep nasi tim hati sapi untuk makanan sehat sang buah hati.

Nutrisi di susu sapi tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan bayi tumbuh dan berkembang. Menurut Badan Kesehatan Dunia , sekitar usia 6 bulan, kebutuhan energi dan nutrisi bayi tidak bisa dicukupi dari ASI. Oleh karena itu, makanan pendamping diperlukan untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Betapa tidak, kandungan pisang yang kaya akan kalsium, zat besi, dan pektin dapat membantu sistem pencernaan bayi dalam mencerna buah yang identik berwarna kuning ini.

Berikan satu macam sayur; sayur sangat penting bagi kesehatan anak, namun hindari memberikan 3 jenis sayur sekaligus agar bayi tidak mengalami diare. “Sangat penting bahwa bayi mengalami berbagai macam paparan rasa, tekstur, warna dan kombinasi, dalam makanan pertama mereka. Ini bisa didapat dari alpukat,” ujar salah seorang peneliti yang terlibat, Robert Murray, dari Ohio State University, Amerika Serikat. Tetapi ingat Moms, makanan tersebut tetap harus disaring setelah dimasak matang. Karena sistem pencernaan bayi masih sangat halus dan baru saja bekerja menghancurkan makanan yang dari pagi hari dimakan.

Menu MPASI bagi buah hati

Cukup mengambil sedikit demi sedikit menggunakan sendok dan lumatkan sebelum menyuapkannya ke bayi. Banyak kandungan nutrisi dari buah pisang matang, di antaranya serat, vitamin B6, fosfor, niasin, folat, serta potasium. Variasikan dengan tepung beras merah, kacang hijau, atau labu kuning. Biasanya sebelum mengenalkan bahan makanan yang bervarisi, para Mama memilih mengenalkan sayur-sayuran terlebih dahulu untuk MPASI pertama si Kecil. Sayuran yang cocok untuk menu pertama si buah hati salah satunya adalah brokoli.

Sebelum api dimatikan, masukkan cincangan daun seledri, bawang merah, dan bawang putih yang sebelumnya sudah ditumis. Sedangkan telur bagus sebagai sumber protein hewani dan tahu protein nabati. Ketiga bahan ini bisa jadi resep jadwal menu MPASI 6 bulan pertama untuk Si Kecil. Kukus salmon yang telah dilumuri dengan air jeruk nipis bersama bawang putih geprek dan seledri selama 30 menit.

Berikan MPASI ketika ASI saja tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan bayi, MPASI pun dapat diberikan ketika anak sudah berusia 6 bulan. 6-8 bulan mulai membutuhkan MPASI sebanyak 30 persen, ASI 70 persen. Memberikan Pasta untuk MPASIMungkin masih jarang ditemukan seorang ibu memberikan pasta untuk si kecil. Padahal pasta merupakan makanan yang mengandung karbohidrat yang baik.

Ibu disarankan untuk menghindari penambahan gula, garam, dan zat adiktif lainnya, seperti dilansir dariBaby Center. Oleh karena itu, penting untuk memastikan ASI Mums lancar dan berkualitas. Jika nasi sudah seperti bubur, masukkan brokoli, tomat, dan tempe. Prinsip adekuat itu sendiri sering sekali ditekankan oleh para pakar kesehatan untuk diaplikasikan di menu MPASI 6 bulan.

Comments are closed.