5 Trik Agar Anak Doyan Makan Sayur

5 Trik Agar Anak Doyan Makan Sayur

Ibu juga perlu memberikan contoh sikap yang positif terhadap sayuran, dengan rajin mengonsumsinya. Akan tetapi akan lebih baik jika si kecil mau menikmati buah dalam bentuk potongan. Jika ingin memberikan buah dalam bentuk potongan, sebaiknya cetak buah menjadi bentuk yang lebih menarik. Anak-anak biasanya suka jika makanannya disajikan dengan bentuk-bentuk tertentu di piring mereka. Biasanya si Kecil lebih suka makanan mereka tidak tercampur. Jika Anda membuat bentuk sebuah gambar hati atau wajah tersenyum, si Kecil tentu akan lebih menyukainya.

Jika anda mengikutsertakan anak dalam menyiapkan makanannya, maka ia akan menjadi lebih semangat untuk memakan makanannya, tidak terkecuali sayuran. Sayangnya, tidak ada jawaban pasti mengenai apa yang pasti berhasil untuk anak Anda, dan mungkin akan menjadi trial and error. Tetapi, tetap tidak ada salahnya mencoba cara ini untuk mengatasi anak susah makan sayur, kan?

Berikan pujian setiap kali buah hati bisa menghabiskan sayuran di piring mereka. Rasanya yang pahit atau hambar jadi faktor anak tidak doyan sayuran. Melansir dari Nova.id, seorang Culinary Nutrition Expert, Mia Maria, memotong sayur menjadi ukuran yang kecil dapat menjadi trik agar anak mau memakan sayur. Melibatkan anak di dapur untuk menyiapkan makanan dapat menjadi cara yang asyik untuk membuat anak mau memakan sayur. Setelah anak mulai menyukai sayur, baru orangtua dapat memberikan sayur dengan cita rasa yang lebih kuat seperti bayam, asparagus, atau kubis.

Sayuran bisa dicincang kemudian diolah menjadi campuran bakso atau nugget. Vacuum Blender dari Beko mampu mencegah proses oksidasi, sehingga kandungan nutrisi sayur dan buah tetap tejaga. Cara lain untuk membuat anak mau makan sayur adalah menyelipkannya dalam menu makanan utama. Misalnya, saat Ibu berencana mengolah ayam untuk menu makan siang, cobain deh, resep Ayam Gulung Wortel Keju dari Maggi.

Namun jika anak tidak mau makan sayur, maka orangtua bisa menerapkan tips-tips ini. Kita memang perlu sedikit kreatif dalam mengolah makanan untuk memancing selera si kecil. Apalagi, jika ia termasuk picky eater, yang sangat susah melahap sayuran.

Cara agar anak mau makan sayur

Sering kali anak lebih memilih lauk protein dibandingkan sayur atau buah. Terdengarnya cukup sederhana namun apabila dilakukan, hasilnya lumayan manjur lho. Ajak anak untuk makan bersama dengan Ibu dan keluarga, dan tunjukkan bahwa Ibu beserta semua anggota keluarga lainnya menyukai sayuran, sehingga anak tergoda untuk mencobanya. Bila anak melihat Ibu dan anggota keluarga lain makan sayuran dan makanan sehat lainnya, hal itu akan menjadi contoh yang baik buat dia. Bisa jadi saat makan bersama tanpa disuruh si anak akan segera meraih piring dan ikut menikmati sayuran. Salah satu gizi yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang anak didapatkan dari sayur dan buah.

Comments are closed.