4 Menu Awal Mpasi Yang Tepat Bagi Buah Hati Bunda

4 Menu Awal Mpasi Yang Tepat Bagi Buah Hati Bunda

Sementara itu, banyaknya energi tambahan yang dibutuhkan bayi dari MPASI adalah 200 kilo kalori per hari. Tidak hanya itu, berikut ini beberapa suggestions pemberian MPASI untuk bayi 6 bulan yang perlu Anda perhatikan. Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia , tekstur makanan yang paling tepat untuk MPASI anak 6 bulan adalah makanan yang dilumat dan disaring . Melansir dari laman mother and father.com, ada beberapa makanan terbaik yang bisa dijadikan menu MPASI. Sayuran kaya akan multivitamin dan mineral penting untuk bayi. Berbagai sayuran bergizi dapat diberikan dengan mengukusnya terlebih dahulu dan membuat puree.

Seperti pada masa tumbuh kembang sebelumnya, menu makanan si Kecil tetap harus mengandung gizi yang seimbang. Buah pir mengandung vitamin A, C, dan asam folat yang berfungsi membantu proses pembentukan sel darah merah pada bayi. Selain itu, buah pir juga mengandung serat dan kandungan air yang tinggi, sehingga bisa mencegah konstipasi pada bayi.

Menu MPASI bagi buah hati

Selain itu, bahan dasar dari mangga yang memiliki kalori yang tinggi merupakan sumber kalori yang baik bagi bayi. Menu ini bisa dikonsumsi oleh anak yang sudah mengonsumsi bubur kasar dan cocok untuk mendongkrak berat badan bayi. Tak hanya untuk si Kecil, menu ini pun cocok dikonsumsi oleh orang dewasa. Sebagai variasi, Ibu bisa mencoba nasi tim sebagai MPASI.

Demikian juga beberapa sayuran berserat keras seperti kembang kol dan brokoli rebus. Selain itu, kentang juga memiliki kandungan citamin C, vitamin B10, fosfor, dan mangan. Selain itu, teksturnya yang lembut juga cocok untuk dijadikan MPASI. Selain apel, kentang juga bisa dijadikan sebagai alternatif lain makanan bayi 10 bulan agar cepat gemuk. Hal ini karena kentang kaya akan karbohidrat yang baik untuk meningkatkan berat badan.

Hal itu dikarenakan tingginya kandungan gizi di dalamnya yang bermanfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi. Keju yang terbuat dari susu pasteurisasi banyak tersedia di pasaran, keju kaya akan lemak, protein dan vitamin. Tapi, Moms tidak perlu khawatir karena alergi makanan tersebut biasanya akan hilang dengan sendirinya saat si kecil mulai berusia 4-5 tahun. Yang penting, Moms perlu memerhatikan dan kenali jenis makanan apa yang menimbulkan gejala alergi anak dan hindari bahan-bahan tersebut. Jangan lupa variasikan menu makanan si Kecil agar tidak bosan dan tetap nafsu makan ya Moms!

Comments are closed.