15 Cara Mengatasi Anak Susah Makan

15 Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Jika anak tiba-tiba mengalami susah makan, sebagian besar orangtua pasti cemas. Namun, jangan keburu panik dulu, ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan nafsu makan anak. Menghadapi anak susah makan memang diperlukan kesabaran dan strategi tersendiri.

Tentunya dengan ekspektasi bahwa ia akan menyikat habis makanan di piringnya dengan senyum yang menawan dan mengucapkan terima kasih atas masakan yang enak pada Anda. Selain konstipasi, intoleransi makanan juga bisa menyebabkan bayi kehilangan nafsu makan lho, Ma. Semua itu bisa menyebabkan anak gatal, mual, diare, dan tentu saja kehilangan nafsu makan. Jika radang disertai dengan demam dan pembengkakan kelenjar, sebaiknya Mama langsung memeriksakannya ke dokter. Tujuannya ke dokter bukan cuma untuk menyembuhkan infeksi, namun juga untuk Mama bisa minta saran dokter untuk meningkatkan nafsu makan anak.

Cara mengatasi anak susah makan selanjutnya yang perlu Anda coba adalah dengan memberikan makanan yang sama beberapa kali. Anak mungkin tidak suka jenis makanan tertentu saat pertama kali. Namun, bisa saja anak menyukainya di kesempatan kedua atau kesempatan yang lain. Saat menyiapkan makanan, maka ibu bisa libatkan anak dari mula mengambilkan buah dan sayur hingga siapkan makanan di meja makan.

Mengutip Today’s Parents, saat anak memasuki usia 1 sampai 5 tahun, normal jika nafsu makan menurun. Saat bayi, mereka harus melipatgandakan berat badan di tahun pertama. Sehingga membuat pemberian makan yang lebih sering itu penting.

Cara agar anak mau makan banyak

Berikan tusuk gigi warna-warni pada anak-anakyang dapat mereka gunakan untuk membuat bentuk bangunan dari potongan sayur dan buah-buahan. Isi botol isi ulang yang dapat dipencet dengan yogurt rendah lemak atau saus salad dan biarkan mereka menghias makanannya sendiri. Berikan botol garam yang diisi dengan sprinkle, dan biarkan mereka menambahkan warna-warni pada makanan mereka. Sesekali, biarkan anak makan sayur-mayur sebagai kudapan, bukan lauk.

Ibu perlu membatasi waktu makan si kecil, misalnya 30 menit, agar anak mau makan hingga waktu yang diberikan habis. Buatlah agar pengaturan ini sesantai mungkin supaya si kecil tidak merasa terburu-buru dan dipaksa ketika makan. Rasa nyeri di gusi anak biasanya akan bertambah ketika ia makan langsung atau minum dari botol. Jadi wajar saja kalau ia merasa tidak nyaman makan saat tumbuh gigi. Bayangkan, bila Anda saja merasa tidak enak, tentu tidak heran kalau anak pun tidak suka dengan makanan yang disajikan.

Ajak mereka untuk mencari resep cemilan dari buku resep atau dari web. Bantu mereka untuk membuat daftar belanja dan berbelanja bahan-bahan yang sesuai dengan isi resepnya. Mereka akan senang sekali diajak membuat cemilan sesuai dengan resep baru itu, dan mereka akan dengan gembira makan sesuatu yang dibuat sesuai dengan kreasi mereka. Sementara snack sehat untuk kedua kalinya akan dimakan oleh anak pada sore hari sebelum anak makan malam. Camilan di sore hari biasanya dibutuhkan untuk membuatnya tetap fokus mengerjakan pekerjaan rumah, bermain, dan mengganjal perut sebelum tiba waktunya makan malam.

Comments are closed.