Tips Cari Kerja Di Tengah Resesi Untuk Recent Graduate Dan Karyawan Terdampak Covid

Tips Cari Kerja Di Tengah Resesi Untuk Recent Graduate Dan Karyawan Terdampak Covid

Biasanya pihak HRD perusahaan akan diam-diam mengecek media sosial kandidat yang melamar di perusahaan mereka. Untuk itu, ada baiknya, mulai dari sekarang kamu memperbaiki media sosial yang kamu miliki. Jangan sampai ada standing apapun yang menyinggung perusahaan manapun. Karena karakteristik kamu akan terlihat dari apa yang kamu posting di media sosial.

Menurutnya, program ini akan membantu pengentasan angka pengangguran. Karena itu, Triyono mendorong pemerintah untuk melakukan pembenahan pada kurikulum di kampus. Perbaikan dilakukan dengan menciptakan program-program yang dapat menunjang kemampuan dan kompetensi di bidang wirausaha. “Dengan adanya digitalisasi menciptakan peluang untuk berwirausaha dan tidak bergantung dengan perusahaan,” ujar Triyono kepada Lokadata.id. Dia tengah menjalankan usaha dengan menjual minuman almond milk.

Sehingga Anda mempunyai nilai tambah saat bersaing mencari pekerjaan di perusahaan lainnya. Selain menambah pengalaman, Anda tetap bisa mendapatkan pemasukan. Maka, mencari kerja di tengah pandemi seperti saat ini mungkin bukanlah situasi yang perfect.

Menjaga tali silahturahmi pertemanan dapat membantu seseorang mendapatkan pekerjaan. Menjaga hubungan yang baik dengan mantan kolega atau atasan di perusahaan sebelumnya juga dapat mempermudah mendapat pekerjaan di masa depan. Salah satu cara untuk memudahkanmu cari kerja adalah dengan memperluas koneksi. Bagi kamu yang memiliki banyak kenalan alumni, kamu bisa menghubungi mereka untuk meminta informasi lowongan kerja. Karena ,masih banyak juga perusahaan yang justru naik omset disaat pandemi COVID-19, seperti e-commerce, market, jasa pengiriman, dan jasa telekomunikasi.

Mencari pekerjaan di tengah pandemi

Lampirkan hal-hal penting yang dapat menjual diri kamu seperti ability, pengalaman berorganisasi, dan pengalaman bekerja. Jika kamu memiliki sertifikat yang dapat menunjang diri kamu di bidang pekerjaan yang kamu lamar, kamu dapat memasukkan sebagai nilai plus. Angka pengangguran semenjak pandemi Covid-19 semakin memprihatinkan. Banyak sektor bisnis yang akhirnya harus mengambil kebijakan pahit untuk pengurangan jumlah tenaga kerja. Berdasarkan data yang dikutip dari Badan Pusat Statistik , terdapat lebih dari 29,12 juta orang dengan usia kerja terdampak pandemi Covid-19 di tahun 2020.

Sikap saat menjawab pertanyaan pun harus diperhatikan dan jangan disamakan dengan video call yang biasa Milk Lovers lakukan dengan teman atau keluarga. Keadaan seperti saat ini rasanya tidak memungkinkan untuk melakukan check ataupun wawancara secara langsung. Banyak perusahaan memanfaatkan untuk menggunakan online check dan juga video call untuk proses perekrutan karyawan mereka. Jadi persiapkan diri Anda untuk melakukan sesi check dan wawancara secara on-line dan pastikan jaringan dan hal-hal lainnya mendukung ya.

Keadaan saat ini membuat contemporary graduate cukup sulit untuk mencari pekerjaan karena banyak sekali perusahaan-perusahaan yang terkena dampak dari virus corona. Jika kamu belum menemukan lowongan kerja yang sesuai dengan bidang dan kriteria, kamu bisa memilih usaha atau bisnis dengan menjadi wirausahawan. Akan tetapi, usaha untuk mencari lowongan kerja hingga mendapatkan pekerjaan baru bukanlah hal yang mustahil. Dengan begitu banyak ketidakpastian di dunia saat ini, bisa jadi sangat sulit untuk mencoba melakukan pencarian kerja. Pantau terus situs perusahaan atau situs tempat bekerja yang Anda inginkan.

Pandemi COVID-19 dapat memberikan gambaran unik tentang budaya perusahaan. Sebelum kamu melamar di perusahaan yang dituju, coba perhatikan bagaimana perusahaan tersebut dan para pemimpinnya menangani keadaan darurat ini serta bagaimana cara mereka memperlakukan karyawannya. “Sehingga kesempatan untuk bekerja di perusahaan sebenarnya masih ada. Cuma untuk saat ini mungkin tidak sebesar atau tidak seluas pada saat sebelum pandemi,” katanya saat dihubungi, Senin (20/7). Posisi program officer improvement paling banyak dicari calon pekerja. Diikuti account officer, business analyst, social media officer, dan banking officer.

Bahkan jika mereka tidak merekrut, mereka akan memberikan referensi untuk aplikasi Anda yang lainnya. JAKARTA – Pandemi virus corona menambah tantangan saat mencari kerja. Terlebih ketika baru saja menyandang standing lulus atau contemporary graduate, biasanya susah medapatkan pekerjaan. Dalam keadaan saat ini, tentu saja masih banyak perusahaan yang menerapkan kerja dari rumah dan mungkin saja proses lamaran kamu menjadi lebih lama dari biasanya. Untuk proses lamaranmu yang mungkin tidak kunjung mendapat respon dari perusahaan terkait, kamu dapat menghubungi perusahaan tersebut dengan mengirimkan e mail atau langsung menelponnya. Dengan begitu, kamu akan memberi kesan serius dan benar-benar tertarik untuk mengikuti proses lamaran dan bekerja di perusahaan tersebut.

Comments are closed.