Tips Ampuh Mengatasi Balita Susah Makan

Tips Ampuh Mengatasi Balita Susah Makan

Beri makan ketika ia lapar, dan hentikan ketika ia mulai merasa kenyang. Tubuh Si Kecil akan mengirimkan sinyal yang mengatur rasa kenyang ke otak setelah ia makan 30 menit, jadi kemungkinan ia akan menolak makanan lebih dari waktu tersebut. Namun bukankah sayang jika makanan malah terbuang karena dia tidak mau makan. Nah, saat mengenalkan makanan pendamping ASI , sebaiknya kita kasih batasan waktu 30 menit untuk makan.

Tips agar makan anak lahap

Jika balita tidak mau minum susu ada beberapa cara yang bisa ibu lakukan, salah satunya adalah ibu bisa memberikan Si Kecil produk olahan susu. Ada beberapa produk olahan susu yang Ibu bisa berikan untuk si kecil seperti yogurt, keju, dan mentega. Orang tua boleh saja merayu anak untuk makan, namun hindari untuk menyogoknya dengan permen atau hal lain hanya agar ia menyantap makanannya. Jika orang tua melakukan hal ini, lambat laun sogokan atau hadiah dijanjikan akan kian besar. Di menu makanan bersama, cobalah untuk memasukkan satu porsi makanan kesukaan anak, selain porsi makanan lainnya, kendati anak mungkin tidak akan menyantapnya.

Mungkin ia akan cepat bosan dan meninggalkan makanan tersebut. William Sears, M.D., penulis The Family Nutrition Book menyarankan agar Anda tidak langsung mencoret makanan yang ditolak dari daftar menu Si Kecil. Jika anak kehilangan semangat untuk makan atau melakukan aktivitas yang biasanya disukai anak, bisa saja anak mengalami depresi.

Kebanyakan orang tua memang tidak terlalu peduli dengan waktu makan anak yang disiplin. Padahal waktu makan yang teratur akan membuat penyerapan gizi bisa optimum sehingga berat badan yang ideal bisa didapatkan. Ibu bisa mencoba untuk menerapkan waktu makan yang tepat dengan rutin selama rentang waktu tertentu untuk melihat hasilnya.

Salah satunya dengan memberi si kecil alat makan khusus miliknya. Ajak si kecil memilih sendiri peralatan makannya sehari-hari, mulai dari sendok, garpu, piring, mangkuk, hingga gelas. Dengan memiliki alat makan bergambar karakter favorit atau berwarna cerah sesuai kesukaannya, si kecil bisa menjadi lebih bersemangat menyambut momen makan. Umumnya sering menolak dan susah untuk makan nasi pada saat umur diatas setahun. Tentu saja hal ini membuat orang tua kewalahan setiap kali jam makannya tiba. Namun menyikapi dengan keliru, seperti memaksanya makan justru akan menimbulkan suasana yang tidak enak.

Comments are closed.